masak cara mencegah diabetes alat deteksi darah dan kadar gula untuk penyakit diabetes

4 Cara Mencegah Diabetes yang Mudah dan Sederhana

Kesehatan

Apakah Ada Cara Mencegah Diabetes ?

Dengan segala macam produk makanan menawarkan konten sarat gula maka kita semua berpotensi terkena diabetes. Ayo ubah lifestyle Anda agar penyakit yang satu ini tidak menjangkiti Anda di masa tua nanti dengan 4 Cara Mencegah Diabetes yang Mudah dan Sederhana berikut ini.

Tambah Salad dalam Menu Sehari-hari

Boleh saja menu Anda sehari-hari menyajikan rangkaian makanan sarat karbohidrat (yang akan dipecah dalam tubuh menjadi gula bernama glukosa) tapi jangan lupa lengkapi dengan hidangan sayuran. Sure, Indonesia punya versi “salad” sendiri seperti gado-gado atau lalapan tapi, menurut studi, memakan sayuran fresh dengan dressing berbasis cuka (best option: organic apple vinegar) ampuh membantu mengurangi kadar gula darah Anda sebesar 42 persen, lho. Hanya menggunakan setengah sendok makan cuka sudah cukup, kok.

Biasakan Menggerakkan Tubuh

Anjuran olahraga memang senantiasa jadi jurus ampuh untuk mencegah Anda terkena beragam penyakit, termasuk diabetes. Dan tak perlu berolahraga berjam-jam—sesi singkat yang disebar sepanjang hari cukup ampuh untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh. Yang penting: jangan duduk terus-menerus. Temukanlah waktu minimal 30 menit entah untuk berjalan kaki atau mampir sebentar ke gym. Oh we know you have the time.

Blackout Time

Di zaman sekarang kita cenderung tak bisa lepas dari ponsel atau tablet sebelum tidur, padahal cahaya dari layar dapat memicu aktivitas tubuh sehingga menimbulkan risiko tidur enam sampai delapan jam tak tercapai dan yang akhirnya akan meningkatkan potensi Anda terkena diabetes. The best way: simpan jauh-jauh gadget Anda dan matikan lampu—it’s the ONLY way to get a goodnight sleep, dear.

Snack on Nuts

Terkadang kita mensubstitusi nasi dengan kentang lantaran lebih sehat. Well, kentang memang sehat, dear, tapi ternyata sayuran satu ini mengandung gula cukup tinggi, dan selang beberapa tahun keseringan mengudap kentang berpotensi jadi dalang utama akan berat badan yang berlebihan. Menurut anjuran studi baru-baru ini, lebih baik Anda menyantap kacang-kacangan seperti pistachio dan almond yang dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Walaupun tinggi lemak, tapi dengan menyantapnya secara moderat (dibandingkan chips atau crackers) Anda justru bisa mengurangi angka pada timbangan, lho. 

(Sahiri Loing / SW / Image: p_ponomareva / iStock / Thinkstock)